Kurangi Penggunaan Pupuk Kimia Dinas Lampung Timur Gelar Pelatihan Pupuk Organik

post in berita daerah 8

Way Jepara (KOMINFO Lampung Timur)  - Untuk meningkatkan hasil di bidang pertanian dan mengurangi pemggunaan pupuk kimia,  Direktot PPK DIRJEN BINA PENTA dan PKK Kementrian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menegah dan Tenaga Kerja menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik, bertempat di Balai Desa Jepara. (5/9) Pelatihan pembuatan pupuk organik ini diikuti oleh sekitar 20 peserta dari masing masing dusun yang ada di Desa Jepara. Masyarakat pun mengaku senang dan sangat beratusias sekali mengikuti pelatihan  seperti ini, karena dari sebelumnya belum pernah ada kegitan atau pelatihan seperti ini.

”Pelatihan ini digelar oleh Dinas Lampung Timur bertujuan untuk menggurangi penggunaan pupuk kimia yang sangat merusak unsur hara dalam tanah, dengan ini diharapkan peserta mampu mengolah segala potensi di lingkungan yang ada guna membuat pupuk organik sendiri,” papar Ihsan relawan tenaga kerja dari kementrian.

Ketersediaan kompos bermutu dapat dihasilkan melalui proses pengolahan yang sesuai dengan standar pengolahan kompos yang tepat. Mekanisme pengolahan kompos secara umum meliputi pengumpulan sampah daun, penggilingan, fermentasi, penyaringan dan aplikasi (pemakaian di lapangan). Kegiatan pengelolaan sampah organik menjadi bagian dari memproduksi kompos organik berkualitas.

"Kami senang sekali mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik ini.Yang tadinya kotoran ternak hanya menumpuk tanpa olahan namun setelah mengikuti pelatihan ini kami akan mencoba mempraktekan untuk membuat pupuk organik dengan cara ini," kata Boikun salah seorang peserta pelatihan.

Kegiatan pelatihan terdiri dari materi, diskusi dan praktek. Hal ini dinilai sangat penting diketahui para peserta pelatihan agar mengetahui standar keberhasilan dalam pembuatan pupuk organik.

 (Puji Siswanto/Way jepara)
(sastra Kominfo)




Lampung Timur

Social Links