Tekan Angka Pengangguran Pemda Lamtim Gelar Pelatihan Sandal Jepit

post in berita daerah 6

Sekampung (KOMINFO Lampung Timur) - Kepala Dinas  Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja, Budi Yull Hartono membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Pelatihan Keterampilan Home Industri di bidang pembuatan sandal jepit berlokasi di Desa Sambikarto Kecamatan Sekampung, pada Kamis (07/09). Sebanyak 25 peserta mengikuti pelatihan tersebut.
“Home indutri menyumbangkan lapangan kerja yang paling mudah dan murah. Sebagai insan yang selalu ingin memenuhi kebutuhan kita harus mengenali diri kita sendiri dalam menggali sumber daya atau potensi di lingkungan. Maksudnya kita tahu bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, kita tahu apa yang dibutuhkan mereka,” ungkap Kadis Koperasi, Usaha kecil dan Mikro dan Tenaga Kerja Budi Yull Hartono.
Selain itu beliau juga mengatakan, tujuan kegiatan peningkatan keterampilan home industri ini untuk menambah wawasan pengetahuan bagi peserta, agar lebih proaktif  dalam menggali potensi-potensi usaha guna peningkatan usaha home industrinya selain itu agar lebih berkualitas dan mampu melakukan versifikasi produk yang dihasilkan sekaligus mengikuti permintaan pasar.
Pelatihan banyak yang digelar oleh Pemerintah Daerah Lampung Timur di beberapa titik, untuk kecamatan sekampung sebelumnya sudah ada pelatihan desain grafis, anyaman bambu dan kali ini adalah pembuatan sandal jepit.
“Sandal jepit memang adalah hal yang sangat sepele dan harganya murah meriah, namun setiap orang sangat membutuhkan mulai dari anak-anak, remaja sampai kakek dan nenek-nenek,” ungkap Laila selaku relawan tenaga kerja kementrian yang juga bertindak sebagai panitia. Jum,at (08/09).
selain mendapatkan resep dari pemateri yang ahli di bidangnya, mereka juga diajak mempraktekkan langsung proses pembuatan produk sandal jepit selama 3 hari pelatihan. Kegiatan ini diharapkan memberi manfaat untuk membantu perekonomian keluarga, menambah pendapatan keluarga dan menekan angka pengangguran.
“Pada kesempatan ini saya akan akan memberikan materi dan mempraktikan cara pembuatan sandal jepit dengan bahan dasar spon. Sebelum dimulai, secara singkat pembuatan sandal ini, kita harus mengetahui beberapa cara atau teknik dalam membuat sandal agar menghasilkan motif sandal yang bagus dan unik, seperti teknik sablon, press, garuk, cutting, seset, dan lain-alin,” papar pemateri, Alfin Azhari  dari Desa Toto Harjo Kecamatan Purbolinggo tersebut
“Semakin sulit, rumit dan kreatif teknik yang digunakan, akan semakin baik pula motif serta model sandal yang akan dihasilkan,” ungkapnya.
(Harmoko)
(sastra Kominfo)




Lampung Timur

Social Links