Prosesi Pembuatan Jenang Khas Dari Lampung Timur

post in berita daerah 12

Bandar Sribawono - Lama buatnya manis akhirnya, ya kata itu mungkin tepat untuk menggambarkan makanan bernama jenang yang khas dengan manis legitnya, makanan yang hanya ada pada saat saat tertentu saja, seperti perayaan pernikahan,khitanan atau pada saat hari raya lebaran saja.
Jenang dibuat dengan komposisi tepung ketan,minyak kelapa, fermentasi beras (tape beras) serta gula kelapa (merah) dan gula pasir.
Menurut keterangan ibu sumarmi (65) saat ditemui langsung saat proses pembuatan  jenang di Desa Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sribhawono"untuk 50 kg tepung ketan dibutuhkan 20 kg gula putih,15 kg gula merah 30 liter minyak kelapa dan 15 kg tape beras. Dari semua bahan tersebut pertama adalah gula merah dan putih serta minyak di masak terlebih dahulu samapi seperti caramel kemudian campuran tape beras dan tepung ketan di masukan dan di aduk samapi matang kurang lebih 6 sampai 8 jam dengan api sedang setelah matang ditambah wijen biar menarik"
Karena prosesnya yang panjang di butuhkan 6 sampai 8 orang dewasa untuk mengaduknya untuk mendapatkan tekstur jenang yang kenyal dan bisa tahan lama meski tanpa bahan pengawet. " lama mas ngaduknya sampai mateng 8 jaman lah tapi ini bisa buat ajang gotong royong dan silaturahmi" tutur masrukin (42) saat berbincang.
Seiring perkembangan jaman jenang semakin jarang di masak karena kurang praktis dan banyak menghabiskan waktu." Semoga masa yang akan datang anak cucu bisa terus melestarikan jenang biar gak hilang" tutup sumarmi.
 (Wahib Medsos)


Lampung Timur

Social Links