Perpustakaan Keliling: Menumbuhkan Minat Baca Anak

07 Feb 2020 217
Perpustakaan Keliling: Menumbuhkan Minat Baca Anak


 

 

Melinting, (KOMINFO LAM-TIM) - Walau sudah banyak ditinggalkan sebagai sumber bacaan, nyatanya keberadaan perpustakaan tetap dibutuhkan. Gudang ilmu itu diperlukan agar literasi tetap menyala, terutama di pelosok.

 

Salah satu upaya yang dilakukan dinas perpustakaan Lampung Timur dengan menghadirkan perpustakaan keliling untuk menjangkau masyarakat yang sulit mengakses perpustakaan yang menetap.

 

Mobil Pustaka Pintar kini sudah mempunyai 3 mobil yang bertugas melayani masyarakat di 24 kecamatan di Lampung Timur melayani  sekolahan dan  tempat publik. 

 

"Perpustakaan keliling tidak saja melayani peminjaman buku, tapi juga berbagai kegiatan atau aktivitas yang akan terus berkembang upaya untuk mencerdaskan masyarakat," kata Direktur Yayasan Pengembangan Perpustakaan, Endra Arman saat di temui Pliput di lampangan Itik Rendai kecamatan Melinting, (06/02/2020)

 

Menurut Endra, angka buta huruf dan penggangguran masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dibereskan. Ia berharap program literasi melalui keberadaan perpustakaan keliling bisa menekan angka tersebut.

 

"Maka sejak dini, masyarakat sudah harus didekatkan akses membaca, akses buku, sehingga pengetahuannya meningkat," ujarnya.

 

Tahun ini, program Mobil Pustaka Pintar meluaskan program yang mencakup penambahan koleksi buku. perpustakaan itu tetap memfokuskan operasi di Lampung Timur, guna Meningkatkan minat baca anak. (Dedy)

 


Lampung Timur

Social Links