Cegah Covid 19, Sekda Lamtim Gelar Teleconference dengan Provinsi

26 Mar 2020 127
Cegah Covid 19, Sekda Lamtim Gelar Teleconference Dengan Provinsi



Sukadana, (KOMINFO LAMTIM) - Menyikapi makin meningkatnya penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Sekda Se-Provinsi Lampung Gelar Rapat Melalui Video Conference Terkait Pencegahan Penyebaran Covid-19 (26/03/2020).

 

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Lampung Timur di melalukan rapat di Ruang video Conference Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lampung Timur.

 

Dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim memghimbau, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah harus memiliki satu visi dalam menyusun kebijakan.

 

Hal tersebut juga perlu diikuti dengan perhitungan dampak dari suatu kebijakan terhadap masyarakat. Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim berharap, Pemerintah Daerah dalam memperhitungkan efek dari keputusan yang diambil. Sebagai contoh, Pemerintah Daerah perlu memperhitungkan dampak orang yang tidak bekerja bila menutup tempat transaksi ekonomi.

 

Selain itu, dia juga meminta Pemerintah Daerah untuk memfokuskan ulang dan mengalihkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Seluruh Pemerintah Daerah diharapkan dapat memangkas rencana belanja yang tidak menjadi prioritas, seperti Anggaran Perjalanan Dinas, pertemuan, dan belanja lainnya yang tidak langsung berdampak pada masyarakat. Pemerintah juga harus mengantisipasi melonjaknya angka inflasi, terutama  akibat melonjaknya harga kebutuhan pokok dan alat medis yang terkait penanganan wabah corona,"kata Wakil Chusnunia Chalim.

 

Chusnunia chalim menambahkan, pemerintah juga terus berupaya melakukan tindakan cepat dalam rangka menyusun kebijakan penanggulangan corona. Salah satunya terkait pembiayaan penanganan virus corona. Salah satunya dengan mendesain program kegiatan serta anggaran yang berdaya-guna untuk mengatasi secara sistemik.  pemerintah daerah segera melakukan langkah-langkah terukur untuk mencegah penyebaran, meningkatkan akses pelayanan fasilitas kesehatan, meningkatkan edukasi PHBS di tingkat akar rumput, serta mengantisipasi dampak-dampak sosial ekonomi yang menyertainya, khususnya bagi kelompok miskin dan rentan yang jauh dari jangkauan informasi.

 

"Melihat situasi saat ini terkait dengan penanganan pencegahan penyebaran virus Covid-19, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengeluarkan kebijakan yang komprehensif sebagai wujud dalam rangka pelaksanaan gugus tugas. Yang nantinya akan digunakan untuk pengadaan APD, fasilitas kesehatan, dan penyemprotan disinfektan. Karena semua itu membutuhkan anggaran, maka solusi yang paling mungkin adalah menggunakan dana tak terduga."tambah Chusnunia Chalim.

 

Sekda Lamtim Syahrudin Putera dalam rapat tersebut menyamaiakn Pemkab Lampung Timur dalam mengatasi penyebaran Virus Corona atau COvid-19 sudah melakukan pnyemprotan disinfektan di setiap Desa-desa, Kecamatan, Kantor-kantor OPD, fasilitas umum dan Rumah-rumah ibadah kuranglebih sudah dari hari minggu yang lalau.


Untuk alokasi anggaran yang sudah kita lakukan terkait penanganan Covid-19 ini Pemkab Lamtim menganggarkan kurang lebih 15 miliyar . Pemkab lamtim juga sudah berkoordinasi dengan pihak TNI / Polri.  pungkah Syahrudin 


Lampung Timur

Social Links