Desa Braja Luhur menjadi motivasi bagi seluruh desa yang ada di Lampung Timur

25 Agu 2020 91
Desa Braja Luhur Menjadi Motivasi Bagi Seluruh Desa Yang Ada Di Lampung Timur


 

Braja Selebah (KOMINFO LAMTIM) - Desa Braja Luhur, Kecamatan Braja Selebah, Lampung Timur, sebagai Desa Tangguh Nusantara bisa menjadi motivasi bagi seluruh desa yang ada di Lampung Timur.

 

Hal tersebut di sampaikan oleh Wakapolda Lampung Brigjen Pol Sudarsono saat meresmikan Desa Braja Luhur sebagai Desa Tangguh Nusantara, Selasa (25/8/2020)

 

Wakapolda mengatakan , dasar utama Desa Braja Luhur bisa memiliki predikat sebagai Desa Tangguh Nusantara karena telah mencetuskan sebuah rumah isolasi dalam penanganan merebaknya wabah Covid 19, dimana Kepala Desa Braja Luhur Supratikno telah memiliki inisiatif rumah isolasi untuk menampung sementara warga Braja Luhur yang baru pulang dari perantauan.

 

“Berbagai perlengkapan dalam rumah isolasi sepeti MCK, kamar tidur dan sebuah TV sebagai penghibur menjadi sarana pelengkap yang menjadi nilai positifnya Pak Kepala Desa ini mencetuskan rumah isolasi tanpa perintah siapapun murni inisiatif sendiri,” Kata Brigjen Pol Sudarsono.

 

Lanjutnya, Desa Transmigrasi 1961 tersebut juga memiliki lumbung pangan hingga sampai saat ini sedikitnya gabah yang tersimpan sebanyak 170 ton, dengan kondisi ditengah Pandemi Covid 19 ini, sangat efektif untuk melakukan penyimpanan pangan.

 

“Satu persoalan lagi Desa penyangga TNWK tersebut bisa mendapat status Desa Tangguh Nusantara karena telah menciptakan kondisi kamtibmas yang aman di tengah Pandemi Covid 19 dan sangat luar biasa warga Desa Braja Luhur telah membuat rumah Babinkamtibmas, secara swadaya hingga di resmikan oleh Pak Kapolda,” Terang Wakapolda Lampung tersebut.

Usai memberikan paparan dan meresmikan Desa Braja Luhur sebagi Desa Tangguh Nusantara, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Sudarsono meninjau sejumlah sarana yang disampaikan oleh kepala desa tersebut, yaitu rumah isolasi, lumbung pangan dan rumah babin kamtibmas.

“Peninjauan ini bentuk untuk membuktikan apa yang telah di sampaikan Pak Kepala Desa".Ungkap Perwira Bintang satu itu.

 

Di lain kesempatan Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari melalui Sekertaris Derah Syahruddin Putra, peresmian Desa Tangguh Nusantara, diharapkan agar jangan menjadi sebuah momen serimoni.

“Artinya dari tiga poin yang telah digadangkan yakni Ketahanan Pangan, Ketertiban Kamtibmas dan Rumah Isolasi, agar terus diciptakan meskipun dalam situasi seperti ini. Dan diharapkan Pak Kepala Desa agar terus mempertahankan tiga poin tersebut,” Kata Sekda Lampung Timur,  Syahrudin Putra. (*)

 


Lampung Timur

Social Links