Brajaluhur Jadi Kampung Tangguh Nusantara (KTN)

25 Agu 2020 119
Brajaluhur Jadi Kampung Tangguh Nusantara (KTN)


 

Braja Selebah (KOMINFO LAMTIM) --Desa Brajaluhur, Kecamatan Brajaselebah, ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).

 

Peluncuran penetapan KTN tersebut dilakukan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Lampung Brigjen Pol.Sudarsono, selasa (25/8/2020).

 

Wakapolda mengatakan, KTN merupakan program Kepolisian Republik Indonesia yang menjadi bagian dari upaya pencegahan dan penanganan dampak pandemi covid-19.

 

"Program KTN ini dilaksanakan di seluruh Indonesia. Melalui KTN, masyarakat diberdayakan dalam pencegahan dan penanganan dampak covid-19 dengan mewujudkan ketahanan pangan secara mandiri," kata wakapolda.

 

dia berharap, Desa Brajaluhur bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainya di Kabupaten Lamtim dalam upaya pencegahan dan penangan dampak covid-19. Tertuma di bidang sosial, ekonomi serta keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

Kepala Desa Brajaluhur Supratikno mengatakan, masyarakat setempat telah menyipakan rumah isolasi yang difungsikan untuk pencegahan dan penanganan covid-19.

 

"Saat ini rumah isolasi covid-19 Desa Brajaluruh telah melayani 292 orang dan yang telah selesai menjalani isolasi 288 orang," ungkapnya.

 

Selain itu, masyarakat Desa Brajaluruh juga diajak memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan budidaya tanaman sayur dan obat-obatan untuk menjaga ketahanan pangan keluarga.

 

Kapolres Lamtim AKBP.Wawan Setiawan pada kesempatan itu menyampaikan situasi pandemi covid-19 di kabupaten setempat.

 

Manurut kapolres, hingga saat ini di Kabupaten Lamtim tercatat lima kausu positif covid-19. "warga yang terkonfirmasi Covid di Lampung Timur memiliki riwayat perjalanan dari daerah pandemi," kata kapolres.

 

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lamtim Syahrudin Putra. Menurut dia, pandemi covid-19 menyebabkan berbagai dampak negatif pada seluruh sektor. Terutama perekonomian masyarakat. Karena itu, pemkab setempat mendukung penerapan program KTN yang dilaksanakan pihak kepolisian.

 

"Penanganan dampak covid-19 memerlukan peran aktif. Melalui KTN ini, kita berharap dapat semakin menumbuhkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan dampak covid-19, khsusnya di Kabupaten Lampung Timur," kata Syahrudin mewakili Bupati Lamtim Zaiful Bokhari. (**)


Lampung Timur

Social Links