Akses Jalan Tergenang Air, Bantuan Banjir Dilewatkan Jalur Air

14 Mar 2018 51
Akses Jalan Tergenang Air, Bantuan Banjir Dilewatkan Jalur Air

JABUNG (KOMINFOLAMTIM) – Akses  jalan menuju Desa Belimbing Sari, Tanjung Sari dan Mekar Jaya Kecamatan Jabung tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, karena jalan penghubung yang terletak di Desa Asahan Kecamatan Jabung tergenang air luapan sungai sekampung dengan arus yang lumayan deras, sepanjang sekitar 300 meter, dengan kedalaman 60-80 cm.

Melihat kondisi jalan yang tidak mungkin dilalui kendaraan roda empat, rombongan dari Camat Jabung, Koramil, PKM Adirejo, Nusantara Sehat dan Gerakan Peduli Sesama (GPS_Lampung) mengantarkan bantuan banjir ke Mekar Jaya menggunakan perahu otok, Selasa, (13/03/2018)

Perahu dengan kapasitas 5 ton tersebut dinaiki lebih kurang 15 orang rombongan beserta sembako dan logistik lain yang akan diberikan untuk korban banjir, jarak tempuh yang dilalui tak kurang dari 1 jam 30 menit.

Menurut keterangan dari Anak Buah Kapal (ABK) "ada beberapa rintangan yang dilalui dalam perjalanan jalur air selain lahan dangkal, ada arus dan tanaman enceng gondok".

Dan benar saja ketika perjalanan sudah mulai mendekati tujuan terlihat banyak sekali tanaman enceng gondok menutup jalan. Kapal dengan kapasitas 5 ton tersebut tak kuat dalam menerobos tumpukan tanaman enceng gondok, bahkan mesin kapal otok itu beberapa kali mati.

Tak cukup diselesaikan dari atas kapal, beberapa ABK turun keair untuk menyingkirkan enceng gondok guna membuat jalur lewat perahu. Setelah sekitar 30 menit terjebak enceng gondok akhirnya perahu bisa berlalu dan meneruskan perjalanan.

Melihat kondisi tersebut Camat Jabung Hendri Gunawan berpesan kepada ABK dan Kades Mekar Jaya "Besok tanaman enceng gondok tersebut sebisa mungkin dibersihkan, karena untuk antisipasi jika ada yang akan masuk ke Mekar Jaya antar bantuan menggunakan jalur air". Pungkas Camat Jabung Hendri Gunawan

 (zuliyan)

Editor Tim Kominfo

Lampung Timur

Social Links