Karang Taruna Nibung Waway Gelar Latihan Sulam Tapis Lampung Khas Melinting

17 Feb 2021 312
Karang Taruna Nibung Waway Gelar Latihan Sulam Tapis Lampung Khas Melinting


 

Gunung Pelindung (KOMINFO LAMTIM) - Kesultanan Melinting gelar pelatihan sulam tapis Lampung Melinting yang dilaksanakan pada 16 Februari 2021 di Rumah Adat Melinting, Desa Nibung Kecamatan Gunung Pelindung, Lampung Timur-Lampung. Kegiatan yang diikuti oleh peserta yang berasal dari Karang Taruna Nibung Waway desa Nibung. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah

 

Kegiatan pelatihan sulam tapis Lampung Melinting yang dibuka oleh Sultan Keratuan Melinting yakni Rizal Ismail S.E., MM selaku Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Lampung Timur didampingi oleh Kepala Desa Nibung Marlin Putra Kunia, Syamsi selaku Pembina Karang Taruna dan Riki Gunawan selaku Ketua Karang Taruna Nibung Waway Desa Nibung.

 

Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi anggota Karang Taruna Nibung Waway untuk berlatih sulam tapis Lampung Melinting ditengah majunya teknologi saat ini dengan tidak melupakan kekayaan aksesoris khas Lampung serta cara pembuatannya. Kegiatan yang melibatkan Karang Taruna Nibung Waway diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi para pemuda untuk mengetahui proses pembuatan kain Tapis Lampung khas Melinting.

 

“Kesempatan pelatihan ini diharapkan bisa menjadi pengenalan kebuadayaan khas Lampung dalam menyulam Tapis lampung khas Melinting kepada para peserta khususnya Pemuda Lampung agar tidak lupa terhadap kekayaan budaya Lampung, khususnya Melinting. Kain Tapis yang merupakan pakaian khusus perempuan Lampung yang dibuat dari kain dan benang emas dengan cara dicucuk dan dicungkil bermotif flora dan fauna. Kain Tapis yang merupakan warisan kekayaan budaya Lampung perlu dikenalkan pada para pemuda agar tidak hilang ditelan zaman dan tidak tergeser oleh budaya modern serta diharapakn bisa berkolaborasi dengan kemajuan zaman saat ini” tutur Rizal Ismail S.E.,MM selaku Sultan Keratuan Melinting sekaligus Penasehat Karang Taruna Nibung Waway Desa Nibung.

 

Peserta kegiatan pelatihan sulam Tapis kali ini dikenalkan dengan motif tapis Lampung khas melinting dan diajari cara menyulam Tapis Lampung khas Melinting. Pelatihan akan berlanjut sampai peserta benar benar bisa dan menguasai cara menyulam Tapis.

 

Marlin Putra Kurnia mengatakan “Kegiatan ini merupakan kegiatan positif bagi para pemuda khususnya Desa Nibung yang tergabung dalam Karang Taruna Waway Nibung agar mengenal kebuadayaan dan kekayaan warisan Lampung serta dapat mengisi waktu luang pemuda agar terus berkreasi, ditambah masa pandemic saat ini, dengan kegiatan ini diharapkan pemuda tidak kehabisan cara dalam mengisi waktu luang dengan kegiatan kegiatan positif dengan tidak melupakan protokol kesehatan covid-19 yang dianjurkan pemerintah. Kegaiatan ini merupakan cikal bakal peranan pemuda desa Nibung dalam pembangunan Desa Wisata pada sektor kekayaan budaya, besar harapan kepada Karang Taruna Nibung Waway sebagai garda terdepan pemuda dalam pembangunan desa”.

 

Kegiatan pelatihan sulam Tapis Lampung khas Melinting mendapat respon baik dari para peserta. Peserta antusias dalam pembelajaran penyulaman Tapis Lampung khas Melinting. Diana Puspita Sari sebagai salah satu peserta mengatakan “Saya tertarik dalam proses pembelajaran sulam Tapis Lampung khas Melinting, bagi menurut saya menantang, ketika kita melihat hasil tapis yang sudah jadi terlihat bagus, namun saat proses pembuatan ternyata gampang-gampang sulit, diperlukan ketelatenan dan kesabaran dalam proses penyulaman, karena akan menemukan kegagalan dalam menyulam benang emas pada kain, panjang pendeknya dan tinggi rendahnya motif”.


Lampung Timur

Social Links