Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo Memberi Sambutan Dalam Acara Seminar Nasional Perjuangan KH. Ahmad Hanafiah

27 Jul 2022 185
Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo Memberi Sambutan Dalam Acara Seminar  Nasional Perjuangan KH. Ahmad Hanafiah


 

 

Bandar Lampung (KOMINFO LAMTIM) – Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo memberi sambutan dalam acara seminar  Nasional Perjuangan KH. Ahmad Hanafiah Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Lampung. Acara yang berlangsung di Ballroom UIN Raden Intan Lampung Bandar Lampung. Rabu (27/07/2022)

 

Hadir mendampingi Bupati Lamtim, Staf Ahli bidang Ekokeu dan Pembangunan, Asisten I Ka. Bappeda, Kaban Kasbang Pol, Kadis Sosial, Kadis Kominfo, Kabag Prokomda.

 

Dalam sambutanya Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo menyampaikan, KH. Ahmad Hanafiah adalah putra Daerah Lampung Timur, yang lahir di Sukadana Tahun 1905, merupakan pejuang yang gugur sebagai putra Bangsa, untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun 1947-1949 melawan agresi Belanda di perbatasan Lampung Palembang.

 

Selain sebagai pejuang fisik, KH. Ahmad Hanafiah juga merupakan tokoh intelektual, dengan dua (2) karya orisinil yaitu al-Hujah dan Tafsif ad-Dhor, sebagai bukti bahwa Lampung memiliki kontribusi dalam pembentukan Lokus peradaban Islam Nusantara.

 

Berkaitan dengan hal itu, KH. Ahmad Hanafiah sangat pantas dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, karena beliau telah gugur sebagai syahid di medan pertempuran, dalam membela dan mempertahankan bangsa dan Negara, juga terbukti sebagai salahsatu tokoh inteklektual Islam yang aktif dan berpengaruh, dalam upaya mengangkat martabat bangsa, melalu dunia pendidikan dan dakwah Islam.

 

Dawam juga berharap “Semangat yang ditunjukkan KH. Ahmad Hanafiah sebagai tokoh pejuang  hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan, di dalam hati sanubari seluruh warga masyarakat Kabupaten Lampung Timur secara khusus, dan juga Warga Negara Indonesia secara umum.

 

Lanjut Dawam “Merupakan suatu kebanggaan bagi kami, terutama karena beliau KH. Ahmad Hanafiah adalah tokoh pejuang inspiratif dari Kabupaten Lampung Timur, yang punya peran besar dalam melawan penjajah di Era Perjuangan, dan juga heroik dalam berjuang mempertahankan kemerdekaan.

 

Sosok KH. Ahmad Hanafiah, bisa menjadi tauladan bagi generasi muda, untuk mengisi kemerdekaan dengan prestasi dan semangat nasionalisme.

 

Meskipun beliau seorang kiyai, namun tidak hanya berkutat dalam urusan keagamaan saja, akan tetapi juga peduli dengan urusan kehidupan sosial, budaya dan politik di masa perjuangan melawan penjajah.

 

Harapan kita bersama Semoga Seminar Nasional Perjuangan KH Ahmad Hanafiah dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Lampung, bisa meyakinkan semua pihak tentang KH. Ahmad Hanafiah sebagai tokoh pejuang Lampung menjadi Pahlawan Nasional.

 

Karena dengan belajar sejarah dari para tokoh pejuang, ibarat menyelami kembali makna Kemerdekaan, yang didapat dengan begitu banyak pengorbanan. tutup Dawam  (Kominfo Lamtim)

 


Lampung Timur

Social Links