PETANI HARAPKAN HARGA GABAH STABIL MENJELANG PANEN RAYA

27 Mar 2018 75
PETANI HARAPKAN HARGA GABAH STABIL MENJELANG PANEN RAYA

Batanghari (KOMINFO LAMTIM) - Jelang panen raya padi di Kecamatan Batanghari, para petani mengharapkan harga gabah stabil dan meningkat. Pasalnya, beberapa kali harga gabah mengalami penurunan apabila memasuki panen raya di semua lahan persawahan Kecamatan Batanghari. Minggu  (25/03/2018)

Melalui pantauan tim Medsos, padi di wilayah Batanghari akan memasuki masa panen bahkan ada beberapa petani yang sudah memanen padinya. Untuk saat ini harga masih stabil per maret 2018 diharapkan sampai masa panen raya april nanti tidak ada perubahan harga dan semakin menguat.

Menurut salah satu petani di Kecamatan Batanghari Suwanto mengatakan harga gabah yang cenderung menurun di saat panen raya akan menjadikan kerugian di pihak petani. Harga yang tidak sesuai harapan akan mengurangi hasil panen dan pengembalian modal di kalangan petani.

"Apalagi tidak sedikit dari kami yang modalnya pinjam dulu di koperasi, atau kelompok tani, kalau hasil tidak sesuai bisa bangkrut". ujar Suwanto yang padinya juga sudah memasuki masa buah.

Mereka mengharapkan pada pihak dan dinas terkait agar menjaga harga gabah tetap stabil sampai akhir masa panen. Sehingga petani mampu meraup keuntungan panen yang cukup untuk melanjutkan masa tanam di musim selanjutnya.

(tym)
Editor Tim Kominfo

Lampung Timur

Social Links