Lomba Qasidah Rebana Sebagai upaya Lestariakan Seni budaya Islam

27 Mar 2018 250
Lomba Qasidah Rebana Sebagai Upaya Lestariakan Seni Budaya Islam

Batanghari (KOMINFO LAMTIM) - Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur menggelar lomba qasidah rebana dengan tajuk “melalui lomba qasidah kita tingkatkan ukhuah dan lestarikan seni budaya islam”, bertempat di Balai Pertemuan Umum Kecamatan setempat, Sabtu hingga Minggu. (25/03/ 2018).
Peserta yang mengikuti perlombaan tersebut terdiri 24 grup dari 17 desa Se-Kecamatan Batanghari dengan aturan qasidah klasik hanya menggunakan alat musik rebana dan kecrek selama maksimal 20 menit.
Camat Batanghari, Rohiman, S.I.P. mengatakan “perlombaan tersebut merupakan salah satu program untuk menggali potensi budaya Islam sampai ke pelosok masyarakat. ini adalah langkah sebagai upaya untuk memasukan qasidah rebana ke dalam agenda festival Lampung Timur 2019, qasidah merupakan kekayaan budaya Islam yang dapat mendatangkan wisatawan”. pungkasnya.
Perlombaan diadakan selama 2 hari dengan tim penilai sebanyak 3 juri yakni; Ginanjar dari Nasyid Nuansa menilai bidang vokal dan penghayatan; M. Zainul dari Jamus Kalimosodo menilai permainan rebana dan irama serta Mujiono Sukoco dari Dewan Kesenian Lampung Timur menilai penampilan, kostum dan keseimbangan gerak.
(Anjar)
Editor Tim Kominfo


Lampung Timur

Social Links