Presiden Jokowi Terpesona Tarian Melinting Asal Lamtim saat HUT ke-77 RI di Istana Negara

17 Agu 2022 167
Presiden Jokowi Terpesona Tarian Melinting Asal Lamtim Saat HUT Ke-77 RI Di Istana Negara


 

 

JAKARTA (KOMINFO LAMTIM)—Tari melinting asal Kabupaten Lampung Timur mendapat kepercayaan dari pihak Istana Negara, untuk menampilkan salah satu jenis keseniannya yang berasal dari Maringgai Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur Propinsi Lampung pada perayaan HUT Kemerdekaan ke 77. Bahkan  sebelumnya tari melinting juga tampil dalam pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) tahun 2022, yang digelar oleh Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APAKSI).

 

Hal ini itu tentu membuat kebanggan tersendiri bagi masyarakat serta Bupati Lampung Timur, M. Dawam Raharjo. Ia sangat mendukung penuh tari cetik kipas melinting dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maaruf Amin.

 

“Alhamdulillah, tarian ini di nilai layak untuk tampil di istana negara. Kita pemerintah setempat akan mendukung full kegiatan ini baik secara moril maupun materil," kata Bupati Dawam kepada awak media di Jakarta, Rabu (17/8/2022)

 

“Ini adalah tari tradisional Lampung peninggalan Ratu Melinting Dimana tarian leluhur ini mulai dipertunjukkan abad ke 16 yaitu pada saat Ratu Melinting menerima tamu-tamu agung dan selanjutnya dipertunjukkan pada saat setiap Ratu Melinting mengadakan pesta adat,” tambah Bupati yang berlatar birokrat ini.

 

Ia menjelaskan,tarian ini menggambarkan keperkasaan Putra-Putra Lampung memberikan perlindungan terhadap keluarganya serta menggambarkan kelembutan dan kehalusan budi pekerti putri-putri Lampung.

 

Gambaran tersebut terpancar lewat gerakan-gerakan yang dinamis dari penari pria, sedangkan penari wanitanya lemah gemulai sesuai dengan sifat kewanitaannya.

 

Dalam rangka mengiringi tarian tersebut menggunakan instrumen kolintang terdapat berbagai lagu (tabuhan) : Mulai dari tabuh Arus  yaitu tabuhan pembukaan. Tabuh centik dialunkan pada saat tarian dimulai. Tabuh kedanggung yaitu pada para penari mengadakan pertukaran formasi, dan selanjutnya kembali ke tabuhan arus pada akhir tarian.

 

//Sejarah Tari Cetik Kipas Melinting

Perkembangan Tari Cetik Kipas Melinting dari Masa ke Masa. Tari Melinting yang sering dipentaskan yang kita kenal sekarang ini nama aslinya adalah tari cetik kipas Melinting. (Kominfolamtim)


Lampung Timur

Social Links