ERIN, ANAK GAJAH BELALAINYA BUNTUNG KINI TERAMPIL MAKAN

27 Mar 2018 271
ERIN, ANAK GAJAH BELALAINYA BUNTUNG KINI TERAMPIL MAKAN

Erin, gajah berumur 4 tahun yang mengalami cacat permanen pada ujung belalai diduga korban perburuan liar kini beratnya mencapai 425 kg dan sudah terampil memakan rumput dengan belalai.
Sejak ditemukan oleh Tim Elephant Respon Unit (ERU) 23 Juni 2017 lalu ia menjadi pusat perhatian dan perawatan utama di Pusat Konservasi Gajah (PKG), Lampung Timur. dari awal perawatannya hingga kini Erin mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, seperti untuk makanan tambahanya dari pagi, siang hingga malam.
Pemberian makan harus lebih diperhatikan bila dibanding gajah gajah lainnya. Sebab, dengan ujung belali yang terpotong maka dalam pencarian makan juga terbatas.
Gajah betina tersebut merupakan anak dari gajah liar yang ada di hutan Taman Nasional Way Kambas, namun terpisah dari indukannya sejak berumur dua tahun lalu, di Seksi Rantaujaya Ilir (Seksi Susukan Baru).
Dugaan kuat gajah malang itu merupakan korban perburuan liar dua tahun silam, dengan motif perburuan jebakan yang menggunakan seling. Diperkirakan belalai Erin terjepit hingga mengalami luka parah dan harus dilakukan sedikit amputasi pada ujung belali sepanjang 10 centimeter.
Erin akan dapat bertahan hidup dan menjadi ikon untuk melindungi gajah Sumatra.

M.Nasrudin


Lampung Timur

Social Links