Lampung Timur Gelar Expo Desa Berprestasi

08 Mei 2018 27
Lampung Timur Gelar Expo Desa Berprestasi

BANDAR SRIBHAWONO (KOMINFO LAMTIM) – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur gelar ekspo pemberdayaan dan penilaian desa berprestasi, bertempat di lapangan merdeka Kecamatan Bandar Sribhawono, Selasa (8/05/2018) Berbagai stand yang nampak disediakan oleh panitia. Berisi Berbagai macam produk unggulan desa yang ada di Lampung Timur, seperti hasil kerajinan industri rumah tangga (UMKM), pertanian, sampai seni budaya ditampilkan dalam ekspo tersebut. Acara yang dihadiri oleh Plt. Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Timur Putri Ernawati, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Tarmizi, Kepala Dinas PMD Syahrul Sah, Camat dan Forkopimcam dari 24 kecamatan.

 

Dalam sambutanya Plt Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari yang sekaligus membuka expo mengatakan "dalam rangkaian ekspo yang diselenggarakan oleh Pemda Lampung Timur, bertujuan untuk menjaring desa terbaik disetiap Kecamatan yang ada di Lampung Timur. Semua ini dilakukan dengan melihat permendagri. Aspek penilaian ini meliputi pertama, bidang pemerintahan desa, meliputi kinerja dan kreatifitas pemberdayaan masyarakat, informasi berbasis teknolgi yaitu  E-GOVERMENT, dan pelestarian adat budaya. Yang kedua aspek kewilayahan meliputi aspek identitas, lapas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. Yang ketiga bidang kemasyarakatan aspek partisipasi masyarakat, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat, melalui penilaian adminstrasi dan fisik. Dan nanti tim penilai akan menentukan 3 desa dengan peringakat tertinggi, setelah tim penilai melakukan penilaian kepada desa yang di nilai berdasarkan pemaparan dari Kepala Desa, tentang produk unggulan yang di pamerkan dan nantinya desa dengan nilai tertinggi akan mewakili Kabupaten Lampung di Tingkat Provinsi". Pungkas Zaiful Bokhari.

 

Ekspo yang baru pertama kali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur ini, di ikuti oleh 24 Desa terpilih mewakili Kecamatan yang ada di Lampung Timur.

 

(wahib)

 Editor Tim Kominfo

Lampung Timur

Social Links