ANTISIPASI BENCANA, WAY BUNGUR GAGAS KAMPUNG SIAGA BENCANA

09 Mei 2018 24
ANTISIPASI BENCANA, WAY BUNGUR GAGAS KAMPUNG SIAGA BENCANA

WAY BUNGUR (KOMINFO LAMTIM) - Dua bulan yang lalu masih teringat Desa Tanjung Tirto/Bungur Kecamatan Way Bungur sempat viral di media sosial pasca bencana banjir yang menggenangi Dusun IV dan V Tanjung Tirto/Bungur sehingga banyak menarik perhatian Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur hingga saat ini, selasa (8/5/2018). Melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia  kembali menghadirkan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) gabungan dari Lampung Timur, Provinsi, Kota Metro dan Lampung Barat. TAGANA yakni suatu organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial yang berbasiskan masyarakat. Adanya TAGANA ini guna membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB), ini merupakan suatu upaya untuk memberdayakan dan mendayagunakan generasi muda dalam berbagai aspek penanggulangan bencana, khususnya yang berbasis masyarakat yang ada di Kecamatan Way Bungur dengan jumlah peserta 60 orang yang diselenggarakan di Halaman SD N 2 Tanjung Tirto Kecamatan Way Bungur.


 


Raden Gunawan selaku Camat Way Bungur menyampaikan “kepada peserta Pelatihan KSB agar dapat memanfaatkan kesempatan baik ini untuk mengikuti materi-materi yang akan diberikan oleh narasumber sebagai tim teknik pihak TAGANA baik dari Provinsi, Kota Metro dan Kabupaten yang ada. Setelah selesai materi kita juga adakan simulasi tanggap bencana tanggap darurat pelatihan ini bukan main-main karena kita ini di bawah naungan Kementerian Sosial Republik Indonesia”. jelas Raden Gunawan.


 


Selanjutnya Imam Setiawan dari TAGANA Provinsi mengucapkan “banyak terima kasih atas sambutan dan antusiasnya kepada warga masyarakat Way Bungur kita disini akan membentuk Tim Kampung Siaga Bencana (KSB) untuk penanggulangan bencana yang datangnya tak pernah kita tahu dan mungkin masih banyak pekerjaan-pekerjaan kita kedepan  Tim KSB ini tentang kegiatan kemanusiaan yang lainnya”. Pungkas Imam.


 


(Guntoro)


Editor Tim Kominfo


Lampung Timur

Social Links