NELAYAN LAMTIM TINGKATKAN PENGHASILAN MELALUI DIVERSIFIKASI USAHA

16 Mei 2018 84
NELAYAN LAMTIM TINGKATKAN PENGHASILAN MELALUI DIVERSIFIKASI USAHA

Labuhan Maringgai (KOMINFO LAMTIM) – Dalam Upaya meningkatkan wawasan dan kompetensi keluarga nelayan dalam pengembangan dan diversifikasi usaha sebagai Mata Pencaharian Alternatif (MPA). Karakteristik usaha nelayan merupakan salah satu profesi yang dipengaruhi oleh faktor eksternal, ketidakpastian akan musim dan hasil tangkapan menyebabkan pendapatan nelayan tidak menentu sehingga profesi ini sangat rentan. Salah satu upaya peningkatan pendapatan keluarga nelayan antara lain melalui peningkatan keterlibatan peran wanita nelayan (istri/anak nelayan) dalam rangka meningkatkan nilai tambah (kesejahteraan) keluarga nelayan dengan cara peningkatan produktifitas dan alternatif mata pencaharian wanita nelayan. Selasa (15/05/18) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lampung Timur serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Lampung Timur mengadakan kegiatan Diversifikasi dan Pengembangan Usaha Bagi Keluarga Nelayan di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 14  hingga 15 Mei 2018 di Gedung Sekaya Maritim Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Dengan adanya kegiatan itu diharapkan peserta dapat meningkatkan nilai jual produk hasil industri rumahan serta menambah penghasilan keluarga.

Dalam sambutanya Kasubdit Usaha Nelayan Direktorat Perizinan dan Kenelayanan  Novia Tri Rahmawati, S.Pi, M.Si, yang dalam hal ini mewakili Direktur Perizinan dan Kenelayanan menyampaikan  “bahwa upaya peningkatan peran wanita nelayan harus menjadi salah satu bagian dan memperoleh perhatian khusus dalam pembangunan masyarakat perikanan. Dalam  kerangka pembangunan masyarakat perikanan, perlu kiranya pelaksanaan pengembangan usaha perikanan yang berwawasan gender. Melalui kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kesungguhan wanita nelayan dalam pengembangan usaha ekonomi produktif serta diharapkan kegiatan ini menjadi trigger peningkatan produksi dan nilai tambah industri rumahan yang dilaksanakan oleh wanita nelayan di Kabupaten Lampung Timur". ucap Novia Tri Rahmawati.

Masih ditambahkan  Novia Tri Rahmawati mengatakan "Kegiatan Diversifikasi dan Pengembangan Usaha Bagi Keluarga Nelayan di Kabupaten Lampung Timur merupakan tindaklanjut Kesepakatan Bersama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Republik Indonesia pada tanggal 16 Juni 2018 tentang Peningkatan Efektifitas Pengarusutamaan Gender di Bidang Kelautan dan Perikanan". Ungkapnya.

KPPA mengusulkan 6 (enam) lokasi satu diantaranya adalah Kabupaten Lampung Timur untuk mensinegikan kegiatan antar kementerian. Materi  dibawakan oleh narasumber pada kegiatan yaitu Pendampingan dan Pembinaan Usaha Nelayan dan Keluarganya oleh Sekretarsi Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lampung Timur, Sinergi Peningkatan Kompetensi Usaha Pelaku Industri Rumahan oleh Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Lampung Timur, Fasilitasi Perizinan Usaha dan Peningkatan Akses Pengembangan Usaha serta Akses Pasar oleh Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Pengelolaan Keuangan dan Akses Permodalan Usaha Keluarga Nelayan Pelaku Industri Rumahan oleh Account Officer Bank BRI Kabupaten Lampung Timur, dan Motivasi dan Sucses Story Usaha Keluarga Nelayan Pelaku Industri Rumahan oleh Ibu Wahyu Jaya.

Pada kegiatan selama 2 (dua) hari itu kepada 100 wanita nelayan peserta kegiatan diberikan wawasan dan motivasi peningkatan pengembangan usaha serta praktek olahan produk hasil perikanan (Pengolahan Sosis Ikan dan Pembuatan Kerajinan Kulit Kerang) dari Dinas PP Kabupaten Lampung Timur dan Pendamping perempuan keluarga nelayan di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

 

Lebih lanjut Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Direktorat Perizinan dan Kenelayanan juga memberikan bantuan perlengkapan penunjang usaha wanita nelayan sebanyak 100 paket terdiri dari 50 paket blender dan 50 paket peralatan kerajinan kulit kerang.

Pendampingan pengembangan usaha, pemasaran dan keberlanjutan usaha diharapkan terus dilakukan kepada wanita nelayan khususnya wanita nelayan peserta kegiatan ini sehingga dapat mempraktekkan ilmu yang didapat dan dapat dijadikan sebagai usaha sampingan dan alternatif mata pencaharian keluarga nelayan.

Dengan telah dilaksanakannya kegiatan diversifikasi dan pengembangan usaha nelayan ini, diharapkan wanita nelayan dapat berperan aktif dalam rangka meningkatkan jiwa kewirausahaan, menciptakan mata pencaharian alternatif bagi keluarga nelayan yang lebih kreatif, meningkatkan kesejahteraan nelayan kecil, sekaligus meningkatkan konsumsi ikan untuk generasi sehat, kuat dan cerdas.

 

(ED)

Lampung Timur

Social Links