Masyarakat Lam Tim Sukses Budidayakan Ternak Burung Puyuh

01 Jul 2018 47
Masyarakat Lam Tim Sukses Budidayakan Ternak  Burung Puyuh

Marga Tiga ( Kominfo Lamtim ) – Salah satu usaha peternakan yang cukup menjanjikan dan masih memiliki potensi besar adalah beternak burung puyuh. Seperti yang kita ketahui, burung puyuh tak hanya sebagai burung pedaging, tetapi mampu menghasilkan telur puyuh dan bahkan kotoranya bisa di jadikan pupuk.

Selain itu, berbagai macam olahan makanan dapat dibuat dari telur dan burung puyuh dewasa sehingga membuat pecintanya seolah ketagihan dengan gurihnya daging serta telur burung puyuh yang juga lezat. Hal tersebut tak disia-siakan oleh irfan, warga Desa Surya Mataram Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur. dengan melihat potensi tersebut saya tertarik untuk beternak burung puyuh. Jum’at (28/06/2018)

Irfan mengatakan “dengan memanfaatkan halaman belakang rumahnya untuk beternak  2.000 burung puyuh. Irfan telah 3-4 tahun beternak burung puyuh. Keuntungannya mencapai Rp. 6 -12 juta setiap bulannya.

Irfan menjelaskan “bahwa  semakin kecil keuntungan saat ada kenaikan harga pakan, vitamin, dan obat untuk burung puyuhnya. Dalam sekali panen,irfan bisa mendapatkan sekitar  1700 - 1850 butir telur puyuh. Burung puyuh akan menghasilkan telur apabila berusia lima hingga enam minggu dan dapat dipanen hampir setiap hari selama kurang lebih dua bulan. Sampai saat ini perbandingan antara jumlah telur dan burung puyuh yang menghasilkan telur mencapai 80—85% dari keseluruhan burung”. ungkapnya

Lebih lanjut Irfan menjelaskan  “saya mendapatkan keuntungan tidak hanya dari menjual telur burung puyuh, tetapi juga menjual burung puyuh jantan dan betina yang telah afkir. Burung puyuh yang telah berhenti menghasilkan telur atau yang kerap disebut afkir akan dijual untuk konsumsi, bahkan juga memproduksi kandang/batray puyuh jika ada pemesanan sekaligus menjual bibit puyuh siap telur”. Pungkas Irfan

 

 (wulan)

Editor Tim Kominfo

Lampung Timur

Social Links