Warga Batanghari Jadikan Kotoran Sapi Menjadi Biogas

08 Jul 2018 41
Warga Batanghari Jadikan Kotoran Sapi Menjadi Biogas

Batanghari (KOMINFO LAMTIM) – Tak habis inovasi masyarakat Kecamatan Batanghari dalam mengelola hasil ternak mereka salah satunya dengan kotoran sapi yang dihasilkan. Mereka mengubah kotoran sapi tersebut menjadi biogas yang dapat dimanfaatkan untuk memasak dan penerangan.

 

Salah satu contoh masyarakat yang benar-benar memanfaatkan ternaknya yaitu Catur Sujianto, masyarakat Desa Sribasuki, Kecamatan Batanghari, Lampung Timur. Dirinya memanfaatkan kotoran ternak sapinya sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan gas dan penerangan rumahnya, minggu (08/07/2018).

 

Diungkapkan Catur Sujianto mengatakan "Kalau kita kreatif apapun dari ternak bisa kita manfaatkan, seperti juga limbah dari biogas ini juga saya gunakan untuk pupuk kompos. Selain itu Untuk mencukupi kebutuhan biogas dalam satu rumah cukup menggunakan kotoran ternak dari tiga sapi agar menjadi energi alternatif. Pembuatannya pun tidak mengeluarkan banyak biaya dibanding harus membeli gas dan biaya listrik untuk setiap bulannya. Kita hanya perlu membangun saluran dan penampungan gas tersebut satu kali saja di awal pembuatan, selebihnya hanya merawat alat-alat tersebut”. Ujar Catur Sujianto.

Lebih lanjut di jelaskan bahwa dengan adanya pemanfaatan pengelolaan kotoran hewan menjadi biogas ini. Semoga dapat menjadi gerakan untuk menghemat bahan bakar. Sehingga kebutuhan gas juga dapat diminimalisir bahkan diganti dengan energi alternatif biogas dari kotoran sapi tersebut.

( tymu)

Lampung Timur

Social Links