Lamtim Gelar Lomba Kreasi Menu Keluarga Bergizi Seimbang

09 Agu 2018 34
Lamtim Gelar Lomba Kreasi Menu Keluarga Bergizi Seimbang

Sukadana (KOMINFO LAMTIM) – Dalam upaya meningkatkan kreatifitas dalam  menciptakan/mengembangkan resep yang beragam untuk menu keluarga sehari-hari. Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan,  menggelar Lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten Lampung Timur dengan tema,  menyajikan kreasi menu keluarga yang beragam,  bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya local, yang bertempat di Gedung Pusiban Kabupaten Lampung Timur.  

 

Dalam sambutan Bupati Lampung Timur yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur,  Syahrudin Putera, mengatakan “bahwa Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (LCM B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman setiap individu dalam menerapkan konsumsi B2SA khususnya ibu rumah tangga yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga. Melalui lomba ini diharapkan Masyarakat  khususnya peserta lomba dapat berkreasi menciptakan/mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari. Resep perlu dimodifikasi agar putra/putri kita tidak bosan". Ungkap  Syahrudin Putera.

 

Masih ditambahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera menuturkan “menu sehat tidak perlu mahal, dan bahan bisa didapatkan dari hasil tanaman di lahan pekarangan kita, seperti kangkung, bayam, cabe, pepaya dan lain-lain apabila diolah secara kreatif akan menghasilkan makanan yang enak dan bisa menghemat pengeluaran keluarga. Tema LCM B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal tersebut adalah Menyajikan kreasi menu keluargan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal, dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari, menggunakan bahan pangan yang mudah diperoleh di sekitar kita. Selian itu dalam penyusunan menu harus memperhitungkan kebutuhan konsumsi pangan anggota keluarga (porsi) sesuai dengan Pedoman Gizi seimbang (anjuran Angka Kecukupan Gizi/AKE rata-rata perkapita 2150 kkal/hari). Dengan adanya kegiatan ini, kita mampu tingkatkan kreativitas Masyarakat dalam mengolah bahan pangan lokal.  Lewat kegiatan ini, kami juga perkenalkan keanekaragaman pangan untuk dikonsumsi". Pungkas  Syahrudin Putera.

 (nando/dani/kholik).

Lampung Timur

Social Links