Musrenbangdes 2020 Desa Siraman prioritaskan Empat Bidang Kegiatan Usulan RKP Desa

10 Sep 2019 62
Musrenbangdes 2020 Desa Siraman Prioritaskan Empat Bidang Kegiatan Usulan RKP Desa


KOMINFO LAMTIM, Pekalongan - Dalam rangka Jaring masukan serta aspirasi dari masyarakat untuk pembangunan di tahun 2020, Pemerintah Desa siraman gelar Musrenbangdes bertempat di balai Desa Siraman Dusun 3 pada Senin (9/9/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Pekalongan, Kades, ketua BPD,ketua LPM, Bidan Desa,kader Kesehatan, PKK, Perangkat Desa, Pengurus Bumdes, Bhabinkamtibmas, PLD, Kepala Sekolah SDN Siraman,Tokoh Agama, tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda Desa Siraman.

”Camat Pekalongan, Nuryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa berkenaan dengan kemajuan Desa dalam segi pembangunan, maka segala sesuatunya harus dimusyawarahkan terlebih dahulu apalagi berkaitan dengan pembangunan di Desa.

“Agar pembangunan di Desa yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang,karena nantinya yang akan menikmati hasil pembangunan tersebut yang paling utama adalah untuk seluruh warga masyarakat Desa,maka agar hasil dari pembangunan tersebut dirasa sudah sesuai dengan keinginan maupun aspirasi dari masyarakat, oleh karnanya sebelum RKP Desa dibawa kekecamatan yang selanjutnya akan dibawa ke kabupaten sebagai tindak lanjut dari musrenbang kecamatan,maka harus dilaksanakan musrenbangdes dulu walaupun sebelumnya telah dilaksanakan musdus, guna menjaring aspirasi maupun usulan dari warga yang mungkin belum sempat hadir ketika musdus” Ujarnya.

Pada kesempatan ini beliau juga mensosialisasikan program dari bupati Lampung timur Zaeful Bokhari tentang berobat gratis bagi seluruh warga masyarakat kabupaten Lampung timur yang belum memiliki BPJS kesehatan hanya dengan menyetorkan foto copy KTP dan foto copy KK serta program Ambulance gratis.  

Kades Siraman, Bambang Heriyadi dalam sambutannya mengatakan bahwa  sebagaimana perintah dari camat Pekalongan berdasarkan dari pelaksanaan Musdus, maka kegiatan Musrenbangdes ini dilaksanakan sebelum dibawa ke Musrenbang Kecamatan.

“apabila dalam Musdus kemaren ada hal yang mungkin belum atau lupa tersampaikan, maka dalam kesempatan ini mohon kiranya masukan masukan dari unsur masyarakat,termasuk dari kader serta seluruh warga masyarakat Desa Siraman” Ujarnya.

Ia menambahkan bahwa selama dalam kepemimpinannya telah terlaksana beberapa program pembangunan  di Desa siraman, antara lain pembangunan jalan onderlagh dan beberapa bidang pembangunan yang lain. Selama kepemimpinan saya selama 5 tahun lebih ini,beberapa program pembangunan yang telah kami laksanakan antara lain pembangunan onderlagh sepanjang 199 meter , gorong gorong Plat 27 unit, Drainase 4332 meter,Lataston 485 m.pengaspalan yang dikerjakan oleh Desa 4511 m.1 unit lapangan Voly ball,sumur bor dan MCK umum 9 buah, adapun melalui proses pendekatan yang telah berhasil membangun antara lain gorong gorong 4 unit, lataston 7500 meter,embung Desa 2 buah,dan yang satu masih dalam pengerjaan,jembatan 2 unit,sumur bor 2 unit, Handtractor yang masuk di Desa Siraman 10 unit, dan yang terakhir program PTSL 750 juta” Katanya.

Dalam Musrenbangdes ini pemerintah Desa Siraman memprioritaskan 4 bidang pembangunan untuk tahun 2020 antara lain bidang Penyelenggaraaan pemerintah Desa, dengan jumlah perbidang 1 ,Pembangunan Desa jumlah perbidang 2, pembinaan kemasyarakatan Desa jumlah perbidang 3,serta pemberdayaan masyarakat Desa dengan jumlah perbidang 4. (Imamudin)


Lampung Timur

Social Links