Kejati Lampung Gelar Penerangan Hukum Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (BINMATIKUM)

12 Sep 2019 13
Kejati Lampung Gelar Penerangan Hukum Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (BINMATIKUM)


KOMINFO LAMTIM, Pekalongan - Dalam rangka memberikan pemahaman akan tugas dan wewenang Kejaksaan dalam masalah ranah Hukum, Kejaksaan Tinggi Lampung gelar Penerangan Hukum Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum(BINMATIKUM) bertempat di Balaidesa Adirejo pada Rabu (11/9/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Pekalongan,Kades sekecamatan Pekalongan,bendahara desa sekecamatan Pekalongan, Sekdes,TPK, PLD,PD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Camat Pekalongan, Nuryanto dalam sambutannya berpesan kepada seluruh jajaran perangkat Desa sekecamatan Pekalongan agar dapat hadir semua dalam kegiatan ini mengingat pentingnya materi yang akan disampaikan dari Kejaksaan Tinggi Lampung.

“Saya tekankan kepada semua kades untuk dapat menghadiri kegiatan penyuluhan ini, jangan sampai hanya karena alasan mencalonkan diri dalam pilkades sehingga tidak mau hadir,untuk selanjutnya pelaksanaan dari penyuluhan ini akan dilaksanakan oleh kejaksaan tinggi,oleh karnanya tolong yang hadir pada saat ini pergunakanlah kesempatan yang baik ini ,mungkin nanti akan  sharing tanya jawab tentang masalah masalah apa yang mungkin ada didesa” Ujarnya.

Dalam kegiatan ini rombongan tim dari kejaksaan tinggi Lampung berjumlah 8 orang ditambah satu anggota dari kejaksaan tinggi kabupaten Lampung timur.

Selanjutnya kepala seksi penerangan Hukum kejaksaan tinggi Lampung, Agus Ari Wibowo, SH sebagai penara sumber menjelaskan tujuan serta tugas dan wewenang dari kejaksaan tinggi lampung serta landasan hukum sebagai dasar pelaksanaan tugas dan wewenang tersebut.

“Tugas kami berdasarkan undang undang yaitu melaksanakan tugas dan wewenang serta fungsi kejaksaan Tinggi yang bersangkutan dengan peraturan perundang undangan dan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh jaksa serta tugas tugas lain yang ditetapkan oleh jaksa Agung,berdasarkan UU No.8 tahun 1945 pasal 20 ayat 1,pasal 21 ayat dan pasal 24 ayat 2,UUD Negara Republik Indonesia,UU No.1, tahun 1951, UU No.1 tahun 1961,UU pokok kejaksaan pasal 6 ayat 1, UU No.10 Prp.tahun 1960” Katanya.

Ia menambahkan bahwa yang menjadi tugas dalam kejaksaan tinggi adalah memberantas adanya Pungli,pemerasan serta penipuan/korupsi dan ujaran kebencian yang dapat dikenai pidana.

“Termasuk tugas dan wewenang kejaksaan Tinggi adalah menindak pelaku pungli, yaitu melakukan pungutan tanpa ada dasar hukumnya,pemerasan serta penipuan atau Korupsi, termasuk juga memberantas berita bohong dan menyesatkan atau Hoax, itu juga menjadi tugas bagi kejaksaan Tinggi”.

Dalam kegiatan penerangan Hukum Program BINMATIKUM ini, selain menerangkan akan tugas wewenang serta fungsi kejaksaan Tinggi bagi masyarakat, juga diadakan tanya jawab dan shering dengan para peserta yang kebanyakan adalah mengurusi masalah keuangan didesanya masing masing. (Imamudin)

 

 


Lampung Timur

Social Links