Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo Hadiri Pengukuhan Pengurusan Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kab Lamtim

Sukadana (KOMINFO LAMTIM) - Selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur, saya ucapkan Selamat, atas dikukuhkannya Pengurus Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Lampung Timur. Semoga semua para pengurus MPAL, mampu mengemban amanah dengan baik.

Demikian disampaikan Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo saat memberi sambutan dalam acara Pengukuhan Pengurus Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Lampung Timur Masa Bakti 2023-2028, yang berlangsung di Kantor Sekretariat Majelis Penyimbang Adat Lampung Desa Sukadana Ilir Kecamatan Sukadana, rabu (13/12/2023).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo, Forkopimda, Ketua Umum MPAL Lampung Paduka Hi. Syabirin Hs. Koenang, SH., MH., serta para pengurus MPAL.

Lebih lanjut Bupati Dawam menyampaikan, “Melestarikan budaya bertujuan untuk supaya budaya asli negeri kita tidak dapat untuk tergeser dengan budaya negara lain dan kelak anak cucu bangsa ini tetap bisa dapat menikmati hasil cipta rasa dan karsa pendahulunya.sebagian dari generasi penerus kita harus dapat ikut untuk melestarikan kebudayaan negeri kita tersebut.

“Paling tidak bagi kita di daerah Lampung, falsafah orang Lampung wajib kita tahu dan sama-sama dijalani dalam kehidupan sehari-hari, seperti: Nemui-Nyimah (saling mengunjungi untuk bersilaturahmi serta ramah menerima tamu): Nengah-Nyampur (aktif dalam pergaulan bermasyarakat dan tidak individualistis): dan Sakai-Sambaian (gotong-royong dan saling membantu dengan anggota masyarakat lainnya), “paparnya

Kabupaten Lampung Timur Memiliki banyak kearifan lokal adat, kebiasaan masyarakat Lampung  masih sangat kental dan terjaga dengan baik, sebagai contoh dalam pelaksanaan perkawinan, khitanan anak dan pengangkatan gelar dari kebuaian-kebuain, selalu didahului musyawarah adat, melalui tokoh-tokoh pemimpin adat budaya Lampung, dalam  membuat keputusan-keputusan adat.

Para tokoh-tokoh adat, sangat besar peran dan pengaruhnya bagi masyarakat yang dipimpinnya, yang selalu dipatuhi masyarakat adat, sehingga tidak akan melanggar peraturan-peraturan dalam adat budaya Lampung, salahsatunya Pi’il Pesingiri.

Melalui momen ini, marilah kita niatkan dalam hati, untuk membangun Kabupaten Lampung Timur, dengan dilandasi semangat dan nilai persatuan dan kesatuan, sesuai dengan kemampuan kita.

Marilah kita berusaha semaksimal mungkin, melakukan yang terbaik sesuai dengan profesi kita masing-masing, dengan selalu mengedepankan kepentingan rakyat banyak, dibanding kepentingan pribadi atau golongan. “ ucap Dawam

Selaku Bupati Lampung Timur, saya mengajak kepada seluruh anggota MPAL di Kabupaten Lampung Timur, untuk dapat berpartisipasi dan berkontribusi, dalam upaya untuk mensukseskan pembangunan Bumei Tuwah Bepadan yang kita cintai ini, dalam rangka untuk mensejahterakan masyarakat.”tutur Dawam

Dengan sinergitas serta gotong-royong dan upaya bersama, semoga akan segera dapat terwujud Rakyat Lampung Timur Berjaya, yang kita cita-citakan bersama.

(**).