Peringatan Hari Migran Internasional 2023 Pemkab Lamtim Terima Penghargaan Kabupaten Peduli Pekerja Migran Indonesia Tahun 2023

Lampung Timur (KOMINFO LAMTIM) – Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Lampung Timur, kami ucapkan selamat datang, kepada Ibu Menteri Ketenagakerjaan beserta para jajarannya. Serta kami ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya, karena telah memilih Kabupaten Lampung Timur, sebagai lokasi penyelenggaraan acara peringatan “HARI MIGRAN INTERNASIONAL TAHUN 2023”. Semoga kegiatan ini, berjalan lancar dan sukses.

Demikian disampaikan Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo saat memberi sambutan dalam acara Peringatan Hari Migran Internasional 2023, di GOR Bumei Tuwah Bepadan Kabupaten Lampung Timur, Senin (18/12/2023).  Acara bertema "Pekerja Migran Indonesia Kreatif Berdaya, Keluarga Sejahtera, Indonesia Jaya" ini diikuti 2.500 orang secara offline, dan 11 perwakilan negara tujuan penempatan secara online.

Lebih lanjut Bupati Dawam menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi, kepada semua pihak yang senantiasa berkomitmen dan menjadi garda terdepan, dalam penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI), yang selanjutnya mampu mewujudkan kompetensi, profesionalisme, produktivitas, kemandirian dan kesejahteraan, bagi Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya secara berkelanjutan.

Sementara itu Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengemukakan rasa senangnya atas pelaksanaan peringatan Hari Migran Internasional 2023, di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Pelaksanaan dilakukan di Lampung Timur, karena daerah tersebut menjadi salah satu daerah kantong Pekerja Migran Indonesia.

"Alhamdulillah, Lampung Timur telah memberikan keteladanannya dengan memberikan layanan kepada pekerja migran Indonesia. Provinsi Lampung juga telah memberikan layanan terbaiknya kepada para pekerja migran Indonesia. Sebagai ucapan dan apresiasi kami maka peringatan Hari Migran Internasional ini kami rayakan di Kabupaten Lampung Timur," ucap Menaker,

Menaker mengatakan, penyelenggaraan acara ini merupakan wujud kehadiran pemerintah dan penghormatan dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para stakeholder baik pemerintah, swasta maupun masyarakat yang berkontribusi secara luar biasa terhadap perluasan kesempatan kerja di luar negeri.

Sementara itu Plt. Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker, Haiyani Rumondang, mengemukakan alasannya mengusung tema "Pekerja Migran Indonesia Kreatif Berdaya, Keluarga Sejahtera, Indonesia Jaya".

Dengan tema tersebut, pihaknya berharap, pekerja migran Indonesia yang ditempatkan adalah mereka yang kompeten dan memiliki kemampuan untuk bekerja dan berjuang untuk meningkatkan perekomian dan kesejahteraan keluarganya, yang akhirnya berdampak pada kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Kemnaker Beri Penghargaan Indonesian Migrant Worker Awards 2023 ke Pelindung Pekerja Migran Indonesia, Adapun penghargaan Indonesian Migrant Worker Awards 2023 diberikan kepada 16 penerima dengan 13 kategori sebagai berikut :

1.    Dinas Provinsi Terbaik dalam Memberikan Pelayanan Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diberikan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur.

2.    Dinas Kabupaten/Kota Terbaik dalam Memberikan Pelayanan Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diberikan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tulungagung.

3.    Provinsi Peduli Pekerja Migran Indonesia diberikan kepada Provinsi Lampung.

4.    Kabupaten Peduli Pekerja Migran Indonesia diberikan kepada Kabupaten Lampung Timur.

5.    Satuan Tugas (Satgas) Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Daerah Asal Pekerja Migran Indonesia Terbaik dalam Layanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diberikan kepada Satgas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat.

6.    Satuan Tugas (Satgas) Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Daerah Embarkasi/Debarkasi Pekerja Migran Indonesia Terbaik dalam Layanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diberikan kepada Satgas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Provinsi Jawa Timur.

7.    Desa Peduli Pekerja Migran Indonesia diberikan kepada Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

8.    Layanan Terpadu Satu Atap Pekerja Migran Indonesia (LTSA-PMI) Terbaik diberikan kepada Layanan Terpadu Satu Atap Pekerja Migran Indonesia Kabupaten Cirebon.

9.    Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Berkinerja Baik I, II, dan III diberikan kepada (1) PT Jafa Indo Corpora, (2) PT Pamor Sapta Dharma, dan (3) PT Hamparan Karya Insani.

10. Media Elektronik yang Mendukung Program Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diberikan kepada TVRI.

11. Media online yang Mendukung Program Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diberikan kepada antaranews.com.

12. Atase Ketenagakerjaan yang Inovatif dalam memberikan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diberikan kepada Yessie Kualasari (Atase Ketenagakerjaan pada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul, Korea Selatan).

13. Pekerja Migran Indonesia Purna Penempatan Berprestasi I dan II diberikan kepada (1) Deni Hendri Saputra Desa Braja Harjosari, Kecamatan Braja Selebah, Kabupaten Lampung Timur, dan (2) Mukini Dsn. Soireng RT/RW 08/02. Desa Keboireng Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

(**).