Mewakili Bupati Lamtim KMS Tohir Hanafi Promosikan Potensi di Lampung Timur, pada Lampung Economic & Investment Forum

Bandar Lampung (KOMINFO LAMTIM) - Forum Investasi Lampung (FOILA) kembali memperkuat sinergi untuk mempercepat akselerasi investasi di Provinsi Lampung melalui penyelenggaraan Lampung Economic and Investment Forum (LEIF) 2024, Rabu (02 Oktober 2024). 

Acara yang digelar di Lampung Resort on Hurun Beach, Pesawaran, ini menjadi ajang strategis untuk mempertemukan pemerintah, investor nasional dan global, serta pemilik proyek investasi di Provinsi Lampung.

Dalam keynote speech-nya, Pj Gubernur Lampung, Samsudin, yang juga merupakan Pembina FOILA, menegaskan pentingnya forum ini. 

"Forum ini sangat strategis, pemilik proyek investasi dapat menawarkan proyeknya secara langsung kepada investor global yang hadir dari tujuh negara, meliputi kawasan Eropa, Amerika Selatan, dan Asia. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan optimal, dan Pemerintah Daerah tentu akan mendukung penuh, baik dari sisi fiskal maupun nonfiskal," ucapnya.

Sebagai langkah untuk mendukung sinergi FOILA, Bank Indonesia Provinsi Lampung turut memainkan peran penting. Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung, Junanto Herdiawan, mengungkapkan bahwa pihaknya telah memperluas jaringan relasi investasi global melalui Kantor Perwakilan Luar Negeri BI di Tokyo, Singapura, London, Amerika Serikat, dan Beijing. 

“Kami terus mendorong penguatan permintaan investasi global dan melakukan pendampingan serta kurasi proyek investasi agar semakin banyak proyek Lampung yang dinyatakan Investment Project Ready to Offer (I-PRO),” ujar Junanto.

Junanto menyebut, kinerja perekonomian Lampung pada triwulan 2 berada di angka 4,8 % (yoy), angka ini meningkat di banding triwulan sebelumnya yang berada di angka 3,30% 

"Hal ini didorong dari kuatnya permintaan domestik peningkatan kinerja sektor eksternal, investasi, serta ekspor yang meningkat," ujarnya.

Bupati Lampung Timur yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, KMS Tohir Hanafi mempresentasikan Potensi di Lampung Timur, salah satunya bendungan Marga tiga. Di tawarkan potensi Potential for solar power plant development on way jepara dam area. 

"Semoga Kesempatan ini dapat bermanfaat dengan optimal, dan Pemerintah Daerah dapat mengembangkan daerahnya, baik dari sisi fiskal maupun non fiskal, sehingga akan memperkuat sinergi antar pemangku kepentingan, prospek ekonomi Lampung juga dinilai semakin positif oleh ekonomis". Tutup KMS. Tohir Hanafi

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj. Gubernur Lampung Samsudin, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Lampung Junanto Herdiawan, Para Bupati, Kepala Perangkat Daerah se- Provinsi Lampung, serta para pelaku usaha dan Investor di Lampung.

(**).