Pemkab Lamtim Raih Penghargaan SAKIP Award Tahun 2024 Dari Kemen PAN-RB Kategori B

 

jakarta (KOMINFO LAMTIM) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2024 di Ballroom Birawa Hotel Bidakara Jakarta, rabu (02 Oktober 2024).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas bersama Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang mendapatkan predikat AA, A, BB, dan B.

Dalam sambutannya, Menteri Anas mengatakan capaian SAKIP dalam 10 tahun terakhir (2014-2023) menunjukkan tren yang positif. Pergerakan positif ini terlihat dengan perbaikan tata kelola pemerintahan dan peningkatan akuntabilitas kinerja. Hal ini menggambarkan komitmen kuat pemerintah dalam mewujudkan birokrasi yang lebih transparan dan berorientasi hasil.

Allhamdulillah Kerja keras seluruh Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang konsisten dalam meningkatkan kinerja pemerintahan di berbagai sektor mulai menuai hasil yang membanggakan, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Pemerintah Kabupaten Lamtim mendapatkan SAKIP Award Tahun 2024 .
Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan Pemkab Lampung Timur dalam meningkatkan kategori Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari CC menjadi B.

Pjs. Bupati Lampung Timur, Senen Mustakim, yang hadir langsung menerima penghargaan tersebut, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata dedikasi dan kerja keras seluruh jajaran pemerintah daerah Lampung Timur dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintahan. Kami berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan capaian ini demi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujarnya.

Evaluasi SAKIP sendiri terdiri dari empat aspek utama, yaitu Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal. Kabupaten Lampung Timur berhasil memperbaiki kinerja di setiap aspek tersebut, sehingga mampu menaikkan peringkat penilaiannya.

Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh jajaran Pemkab Lampung Timur untuk terus meningkatkan pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik.

(**).