Pjs Bupati Lamtim Senen Mustakim, Karang Taruna Dapat menjadi Bagian Penting dalam menyuarakan Aspirasi Masyarakat

Lampung Timur (KOMINFO LAMTIM) - Karang Taruna terus berperan aktif dalam pemberdayaan pemuda dan turut berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Lampung Timur.

Demikian disampaikan Pjs Bupati Lampung Timur, Senen Mustakim saat memberikan sambutan dalam acara Bulan Bakti Karang Taruna dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64. Yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Kecamatan Sekampung, Sabtu (12/10/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Sosial, Agus Subagyo, Kepala Bapenda, Agus Firmansyah Lukman, Kaban Kesbangpol Syahrul Syah, Sekretaris Dinas Dikbud, Imam Hanafi, Sekretaris Dinas Perpustakaan, Hendro Saefi dan Forkopimcam Kecamatan Sekampung.

"Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan,Karang Taruna merupakan wadah dan sarana pengembangan masyarakat. Organisasi ini tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab Sosial, dari, oleh, dan untuk masyarakat, terutama generasi muda, di bidang kesejahteraan sosial," ujar Senen Mustakim.

Lebih lanjut Mustakim menjelaskan, bahwa pentingnya pemahaman masyarakat tentang peran dan fungsi Karang Taruna yang selama ini dinilai cukup signifikan dalam berbagai bidang.

Menurutnya, belum semua masyarakat menyadari kontribusi penting Karang Taruna dalam mendukung program-program kesejahteraan sosial, terutama dalam pemberdayaan generasi muda.

"Kita akui bersama,bahwa belum seluruh masyarakat memahami peran dan fungsi,serta kontribusi Karang Taruna yang cukup penting dalam pemberdayaan pemuda di berbagai bidang," lanjutnya.

Mustakim juga berharap agar kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Karang Taruna dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya keberadaan organisasi ini.

Karang Taruna, menurutnya, berperan khusus dalam membantu pemerintah menjalankan program-program kesejahteraan sosial dengan fokus pada pelayanan, kerelawanan, dan pembelajaran.

"Dengan kegiatan saat ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan keberadaan Karang Taruna, yang secara khusus membantu pemerintah dalam program-program kesejahteraan sosial,"Katanya

Mustakim juga berharap agar gerakan Karang Taruna di pedesaan dapat menjadi bagian penting dalam menyuarakan aspirasi masyarakat.

"Melalui kesempatan ini, saya mengharapkan agar gerakan Karang Taruna senantiasa menjadi bagian penting di pedesaan,yang mampu membawakan aspirasi masyarakat untuk menyuarakan pembangunan,"tutup Mustakim

Ketua Karang Taruna Lampung Timur,Dony Erlando menyampaikan bahwa peringatan ini menjadi momentum penting untuk mempererat solidaritas pemuda.

"Bulan Bakti Karang Taruna ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga sebagai upaya meningkatkan peran pemuda dalam membangun daerah. Kita berharap kegiatan ini mampu menggerakkan pemuda untuk lebih peduli terhadap lingkungan sosial di sekitarnya," Kata Dony.

(**).