Wakil Bupati Lamtim Azwar Hadi Gelar Rapat FGD Call Center 112

Sukadana (KOMDIGI LAMTIM) - Wakil Bupati Lampung Timur, Azwar Hadi, membuka rapat Focus Group Discussion (FGD) Call Center 112, layanan nomor tunggal panggilan darurat. Rapat ini bertujuan untuk membahas implementasi dan pengembangan Call Center 112 di Kabupaten Lampung Timur.

Azwar Hadi mengatakan bahwa Call Center 112 dapat mempercepat informasi dan menjadi kontrol kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Program ini sudah diterapkan di 8 kabupaten di Provinsi Lampung dan diharapkan dapat berjalan berkelanjutan.

Call Center 112 merupakan bagian dari Smart City dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Layanan ini dibentuk untuk mengintegrasikan semua nomor darurat seperti 110, 113, 115, dan 119 menjadi satu nomor, yaitu 112.

Call Center 112 bebas biaya dan dikelola oleh Kabupaten sendiri. Kominfo sebagai penyedia infrastruktur akan mendukung seluruh SKPD dalam implementasi program ini.

Dalam operasionalnya, call taker akan mendistribusikan aduan ke OPD terkait. Pemerintah Kabupaten Lampung Timur juga akan mengirimkan surat ke Dirjen untuk meminta pendampingan dalam implementasi Call Center 112.

Dengan adanya Call Center 112, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menangani keadaan darurat di Kabupaten Lampung Timur.

(**).