Bangkitkan Semangat Nasionalisme, Bupati Dawam Bagikan Secara Simbolis 10 Juta Bendera Merah Putih


Sukadana ((KOMINFO LAMTIM) - Layanan transportasi yang handal, semakin menjadi tuntutan di tengah persaingan global. Namun saat ini, kita masih menghadapi tantangan dalam penataan transportasi, khususnya angkutan barang, yang memerlukan upaya sungguh-sungguh dari segenap stakeholder terkait, untuk memperbaiki tingkat keselamatan dan kinerja angkutan barang, baik yang berkaitan dengan penegakkan hukum, infrastruktur (jalan, jembatan, terminal barang dan pengaturan moda share), serta transporter (kepatuhan terhadap regulasi).

Demikian di sampaikan Bupati Lamtim M dawam Rahardjo saat menjadi pembina Apel mingguan di lingkungan Pemkab Lamtim, petugas apel Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Timur, acara yang berlangsung di halaman depan Kantor Bupati Lamtim  senin (07/08/2023)

Permasalahan angkutan barang seperti Over Dimension Overload (ODOL), tingginya angka kecelakaan dan kriminalitas, kemacetan, kerugian ekonomi, efisiensi perjalanan dan lain sebagainya, adalah tanggungjawab bersama, bukan hanya Kementerian Perhubungan atau Dinas Perhubungan saja.

Untuk diketahui bersama, saat ini pemerintah terus mendorong pemanfaatan energi terbarukan dalam sistem transportasi Indonesia, untuk mengurangi emisi  gas rumah kaca. Sektor transportasi, menjadi fokus dari program transisi penggunaan energi terbarukan tersebut, salahsatunya melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai, untuk mengendalikan permasalahan perubahan iklim dan emisi gas rumah kaca (GRK). “ kata Bupati Dawam

Pemerintah telah menetapkan sejumlah kebijakan dan peraturan, untuk mendukung sistem transportasi berkelanjutan, termasuk percepatan penggunaan kendaraan listrik, seperti tentang aturan konversi kendaraan sepeda motor dan kendaraan lainnya, menerapkan biaya uji tipe yang lebih murah untuk kendaraan listrik, yang melibatkan pihak swasta dan pihak lainnya.

Terkait hal tersebut, Indonesia berpotensi untuk memproduksi kendaraan listrik secara nasional, juga bersaing di industri kendaraan listrik global. Oleh karenanya, saya mendorong agar Dinas Perhubungan Lampung Timur, Kedepannya mampu menjadi PELOPOR, untuk mensinergikan dan mengkolaborasikan, antara lembaga pemerintah dengan pelaku industri otomotif dan masyarakat, untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik.”tutur Bupati Dawam.

Setelah melaksanakan Apel mingguan di lanjutkan dengan kegiatan Pencanangan Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih secara simbolis kepada Polres, Kodim, Satpol PP, Ansor, Forum Pembauran Kebangsaan dan Keder Bela Negara.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo usai apel Mingguan di Halaman Pemkab Setempat.

Hadir mendampingi Bupati Lampung Timur, Sekda Moch Jusuf, para Asisten, Sekwan M Noer Alsyarif, Inspektur Ahmad Zainuddin dan Para Kepala OPD

Bupati M Dawam Rahardjo menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati HUT RI Ke-78 sehingga dapat membangkitkan sikap dan semangat nasionalisme.

"Kita ingin membangkitkan sikap nasionalisme kepada masyarakat, sehingga kedepan masyarakat lebih bisa memaknai arti kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Dawam

Dawam melanjutkan, Pembagian bendera merah putih sebagai simbol kemerdekaan harus dilakukan secara berkelanjutkam sehingga menjadi contoh bagi generasi muda untuk lebih cinta kepada tanah air.

"Yang jelas semua harus berpartisipasi termasuk ASN dalam rangka mempertahankan kesatuan negara kesatuan Republik Indonesia sehingga Indonesia semakin maju," lanjutnya.

Dawam juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam rangka menghadapi situasi politik baik Pilpres maupun Pilkada.

"Dengan menanamkan jiwa Pancasila, diharapkan kedepan masyarakat tidak terpecah belah dan tetap menjadi bagian dari NKRI yang utuh," kata Dawam. (KOMINFO LAMTIM)   

(**).