Pemkab Lamtim Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXVIII Tahun 2024

 

Lampung Timur (KOMINFO LAMTIM) – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXVIII di halaman depan Kantor Bupati Lampung Timur, senin (29/04/2024).

Sekretaris Daerah Ir Moch Jusuf bertindak sebagai inspektur upacara Hari Otda ke XXVIII, yang dihadiri Para Asisten, Para Staf Ahli, Inspektur, Kepala OPD, Para Kabag,dan Para Pegawai di lingkungan Pemkab setempat.

Dalam amanat Menteri Dalam Negeri yang dibacakan Sekda Lamtim Ir Moch Jusuf peringatan Hari Otda ke XXVIII tahun 2024 ini mengangkat tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”. 

“Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,” ucap Moch Jusuf

Lebih Lanjut Moch Jusuf, Peringatan Otonomi Daerah ini untuk memperkuat spirit daerah dalam membangun kemandirian daerah. Karena dengan otonomi, selain hak itu juga kewajiban daerah. Salah satu spirit kemandirian daerah itu, adalah ketika daerah bisa menggali sumber-sumber pendapatan yang bersumber dari kekuatan lokalnya.

Sesuai dengan tema Hari Otda ke XXVIII Moch Jusuf menyebut bagaimana pembangunan daerah itu mengusung konsep ekonomi hijau, ekonomi ramah lingkungan.

“Pembangunan tetap dilakukan tetapi perhatian terhadap dampak lingkungan, pemanfaatan sumber daya yang efisien, pemanfaatan APBD yang tepat sasaran menjadi bagian yang menjadi perhatian kita,” pungkas Moch Jusuf

(**).