Polres Lamtim Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Krakatau Dalam Rangka Pengamanan Pilkada 2024

Lampung Timur (KOMINFO LAMTIM) - Dalam pengamanan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Polres Lampung Timur menggelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Krakatau 2024,  yang berlangsung di halaman depan Kantor Bupati Lampung Timur, rabu (28 Agustus 2024)

Apel dipimpin langsung Kapolres Lampung Timur AKBP Benny Prasetya ,S.H.,S.I.K.,M.H. dan turut di hadiri Bupati Lampung Timur yang diwakili oleh Sekda Lampung Timur, Ir Moch Jusuf, Dandim 0429 Lamtim, Ketua DPRD Lamtim, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri Sukadana, Ketua KPUD Kab Lampung Timur, Ketua Bawaslu Kab Lampung Timur, Kasat POL PP Kab Lampung Timur, Kepala BPDB Kab Lampung Timur, Kepala Kesbang Pol Linmas Kab Lampung Timur, Ketua Partai Politik Kab Lampung Timur, Para Pejabat Utama Polres Lampung Timur, Para Peserta Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Praja Krakatau-2024.

Kapolres  Lamtim AKBP Benny Prasetya di dampingi Sekda Lamtim Ir Moch Jusuf,Ketua DPRD Lamtim,  Dandim 0429, KPU, Bawaslu, melaksanakan pemeriksaan pasukan serta kendaraan dinas yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Mantap Praja 2024 Polres Lampung Timur.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Kapolres AKBP Benny Prasetya juga menyematkan pita tanda dimulainya operasi kepada perwakilan Dandim 0429 Lamtim, anggota Polres Lamtim, Dishub dan Satpol PP, BPBD, dan Linmas. 

Apel ini diikuti gabungan personel Polres Lamtim dan Polsek jajaran, Dishub, Sat Pol PP, BPBD, Damkar, Regu Linmas, Panwas, Lamtim.

Kapolres AKBP Benny Prasetya, mengatakan, gelar pasukan bertujuan untuk menunjukkan kesiapsiagaan Polres Lamtim dan para pemangku kepentingan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama berlangsungnya tahapan Pilkada 2024 di wilayah hukum Kabupaten Lampung Timur. 

“Operasi Mantap Praja Krakatau 2024 akan berlangsung sejak tahap pendaftaran pasangan calon hingga pelantikan pasangan calon terpilih,” kata AKBP Benny Prasetya dalam amanatnya.

Kapolres AKBP Benny Prasetya, menekankan pentingnya apel gelar pasukan ini sebagai langkah awal untuk memeriksa kesiapan seluruh petugas pengamanan, baik dari Polri, TNI, maupun pihak penyelenggara dan pengawas Pilkada.

“Diharapkan seluruh rangkaian perencanaan yang telah disiapkan dapat berjalan optimal guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menegaskan bahwa seluruh petugas pengamanan harus memahami potensi kerawanan di setiap tahapan Pilkada 2024. Evaluasi dari Pilkada 2019 harus menjadi acuan untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam pengamanan.

“Saya ingatkan kepada seluruh jajaran untuk menjaga netralitas Polri dan TNI serta seluruh elemen yang terlibat dalam penyelenggaran Pilkada Serentak 2024. Minimalkan segala bentuk tindakan kontraproduktif yang dapat mencederai nilai-nilai demokrasi dan menurunkan citra Polri dan TNI di mata masyarakat,” tegasnya.

(**).